Journey

I Grew with Them

Sedikit nostalgia, komik-komik Eropa kesayanganku 🙂




Thanks to Franquin (Marsupilami, Spirou & Fantasio, Gaston), Peyo (Smurf, Steven Sterk), Herge (Tintin), Goscinny & Uderzo (Asterix & Obelix), dan masih banyak pengarang-pengarang komik Eropa yang lain yang sudah mengarang komik-komik seperti Agen Polisi 212, Bob Napi Badung, Tombal, etc. Without you guys, my childhood will never be this fun 🙂

André Franquin

Komikus dari Belgia, lahir 3 Januari 1924 – meninggal 5 Januari 1997 pada umur 73 tahun. Karya-karyanya yang terkenal antara lain: Gaston, Marsupilami, dan Spirou et Fantasio.

Dilahirkan di Etterbeek pada tahun 1924, Franquin memperoleh pelajaran seninya di École Saint-Luc pada tahun 1943. Namun sayangnya sekolah seni tersebut ditutup karena Perang Dunia II. Ia kemudian bekerja di CBA, sebuah studio animasi di Brussels. Disana ia bertemu dengan para koleganya: Maurice de Bevere a.k.a Morris (Lucky Luke), Pierre Culliford a.k.a Peyo (Smurfs), dan Eddy Paape. Ketiganya (minus Peyo) kemudian dikontrak oleh Dupuis pada tahun 1945, Peyo baru bergabung 7 tahun kemudian.

Pada masa ini, Morris dan Franquin berada di bawah bimbingan Joseph Gillain (Jijé). Bersama keduanya, Jijé kemudian memproduksi sebuah comic magazine, Le Journal de Spirou yang tentu saja di dalamnya terdapat cerita Spirou et Fantasio.

Pada tahun 1946, tepatnya tanggal 20 Juni, Jijé mempercayakan pengerjaan Spirou et Fantasio sepenuhnya kepada Franquin. Berawal dari komik strip lima kolom, Franquin kemudian membuat komik ini menjadi lebih panjang dan memiliki storyline yang lebih kuat.

Salah satu karakter ciptaan Franquin yang sukses adalah karakter hewan imajinasi, Marsupilami yang berwujud seperti monyet namun memiliki ekor yang luar biasa panjangnya. Karakter ini kemudian oleh Franquin dibuat cerita khusus dan tidak hanya menjadi cameo dalam Spirou et Fantasio.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: