Sebungkus Nasi

Beberapa hari yang lalu, sehabis aku makan siang dan menikmati secangkir kopi. Tiba-tiba ada seorang ibu-ibu tua meminta sedikit sedekah dari orang-orang yang ada di warung. Nominal yang diberikan pada ibu tua itu juga beragam, ada yang 200, 500, atau bahkan tumpukan uang logam yang tidak dapat aku hitung jumlahnya. Aku sendiri merogoh uang yang ada di saku celanaku, ada 1000 rupiah disitu, kemudian aku berikan padanya.
 Entah kenapa, setiap aku melihat ibu-ibu tua yang mengemis aku selalu tergerak untuk memberikan lebih bagi mereka, seperti juga kali ini. Pada awal mulanya sih aku lumayan cuek, karena aku sedang menuliskan sesuatu di blackberryku. Tetapi kemudian ada satu hal yang membuat hatiku mencelos rasanya. Tampaknya ibu ini belum makan dari seharian, uang yang diterima dari orang-orang (termasuk aku) dikumpulkannya, kemudian dia menyisihkan sedikit untuk membeli sebuah pisang molen. Yapp hanya SEBUAH!
Kemudian dimasukkannya sebiji pisang molen itu ke dalam plastik, dan dia kemudian duduk di pinggir jalan sambil membuka bekal makan siangnya itu. Hati siapa yang tidak miris melihat pemandangan seperti itu, setelah berpikir sesaat aku sudahi kunjunganku di warung itu, kemudian aku membeli sebungkus nasi di warung tersebut yang aku berikan pada ibu itu. Kemudian aku pulang dengan kepala tertunduk dan berurai air mata.

Semoga ibu itu bisa kenyang hari itu, dan semoga dia tak pernah kelaparan lagi, dan semoga tak ada lagi ibu-ibu tua yang ditelantarkan anak-anaknya, dan harus kelaparan, cuma bisa makan sebiji pisang molen untuk makan siang.

picture from uncyclopedia.wikia.com

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.